Guna Mengetahui Kesiapan Prajurit Lantamal XII, melaksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani

etabloidfbi.com Pontianak,

Komandan Lantamal XII, Brigjen TNI (Marinir) Andi Rukman, Selasa (19/10/2021), yang diwakili oleh Asisten Personel Lantamal XII, Kolonel Laut (KH) Nur Legawa Handaka W,S.P., bertempat di Mako Lantamal XII Pontianak, Wajok Mempawah Kalimantan Barat, menyampaikan beberapa penekanan sehubungan dengan dilaksanakannya Kesamaptaan Jasmani Periodik Prajurit Lantamal XII Tahun 2021.

“Kesamaptaan jasmani bukanlah kewajiban melainkan keharusan, hal ini untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya masing masing prajurit. Sehingga dalam pembinaan fisik kedepan, dapat diketahui hal hal apa saja yang harus ditingkatkan oleh prajurit tsb.” Demikian Ujar Aspers Lantamal XII.

Selain itu tujuan diselenggarakannya tes kesamaptaan ini untuk mengetahui kondisi fisik agar tubuh kita tetap sehat dan bugar, sehingga diharapkan dengan kondisi fisik yang prima dapat melaksanakan tugas dengan baik dan maksimal.

Kesamaptaan jasmani ini dipandang sangat penting fungsinya agar prajurit bisa menganalisa apakah gaya hidup yang dijalani sudah sesuai dengan kehidupan normal, jika hasilnya tidak, maka setiap individu harus memperbaiki pola hidup yang dijalani, apalagi kesamaptaan ini dilaksanakan secara periodik akan menjadi tolak ukur kesiapan prajurit prajurit Lantamal XII terhadap tugas yang sewaktu-waktu diberikan dari satuan atas apakah berupa latihan atau tugas operasi baik itu operasi militer perang atau selain perang. Juga sebagai ajang persiapan bagi prajurit yang akan mengikuti tes pendidikan, serta yang akan menjalani seleksi satuan tugas (satgas) Luar Negeri.

Kegiatan samapta kali ini diawali dengan pengecekan tensi juga cek suhu badan oleh Dinas Kesehatan dari Lantamal XII Pontianak dilanjutkan peregangan dan stracing yang dipimpin Tim Garjas Lantamal XII, guna menghindari terjadinya kram atau dislokasi otot saat lari.

Pelaksanaan tes terdiri dari beberapa item diantaranya lari selama 12 menit, pull up, sit up, push up dan shuttle run (lari angka 8). Tes kesemaptaan jasmani ini di ikuti seluruh prajurit Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS serta personel Unsur/KRI Satuan Kapal Patroli Lantamal XII serta Yonmarhanlan XII.( M.zuhdi )

Tinggalkan Balasan