DINAS PARIWISATA PROVINSI SUMATERA UTARA GELAR UJI KOMPETENSI PEMANDU WISATA DI DANAU TOBA BERSAMA LSP PRAMINDO DAN HPI SUMUT

etabloidfbi.com – Danau Toba.

Mendukung SDM Masyarakat di kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Pariwisata Propinsi Sumatera Utara menggelar ujian sertifikasi Pramuwisata selama dua hari di ballroom Niagara Hotel Parapat pada hari Senin dan Selasa (28-29/09/2020).

Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara menggelar ujian kompetensi dengan bermitra dengan HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) Sumatera Utara dan LSP Pramindo untuk mendidik dan menguji skill para pemandu wisata yang ada di 7 kabupaten di kawasan Danau Toba.

Hadir dalam pembukaan kegiatan sertifikasi Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara dr Ria Novida Telaumbanua didampingi Mike Ritonga selaku Kabid SDM Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara dan beberapa unsur dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sekawasan Danau Toba, sekaligus hadir Ketua HPI Sumut Kus Endro dan beberapa tim asesor dari LSP Pramindo untuk menguji peserta sebanyak 100 orang Pramuwisata dari 7 kabupaten sekawasan Danau Toba.

Disampaikan Kepala Dinas Provinsi Sumatera Utara Ria Novida Telaumbanua mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan program recofusing Pandemic covid 19 dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara di bidang kepariwisataan.

“Menghadapi adaptasi kebiasaan baru Pemerintah Propinsi Sumatera Utara memberdayakan SDM para pemandu wisata khusus dataran tinggi maka pemerintah Sumatera Utara dalam hal ini Dinas Pariwisata melakukan pembekalan ilmu melalui uji kompeten bagi pemandu destinasi wisata di kawasan Danau Toba,” ungkap dr Ria.

Selanjutnya Ketua HPI Sumut Kus Endro mengatakan bahwa pelaksanaan ujian kompetensi pramuwisata ini bertujuan untuk meningkatkan SDM pemandu wisata khusus kawasan Danau Toba agar memiliki kompeten dan merupakan bantuan dari Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara bagi Pemandu wisata di kawasan Danau Toba.

“Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan SDM kepemanduan bagi kader dan anggota HPI sehingga bisa menjadi pemandu berkompeten,”tutur Endro.

Kesempatan itu Ketua HPI Sumut mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah provinsi Sumatera Utara terkhusus Kepala Dinas Pariwisata dr Ria Telaumbanua telah menyelenggarakan sertifikasi ini. (Feri)

Tinggalkan Balasan