Dinas Dukcapil kembali lakukan perekaman e-KTP di wilayah Kab. Simalungun

etabloidfbi.com – Simalungun.

Pemerintah Kabupaten Simalungun melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kembali melaksanakan perekaman data e-KTP di Kantor Camat Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Senin (05/04/2021).

Di Hari pertama Kegiatan Perekaman data ektp ini, khusus Warga Kec. Girsang Sipanganbolon bagi yang sudah berumur 17 tahun ke atas dan belum pernah merekam data e-KTP Sebelumnya, dan dilanjutkan selama satu minggu kedepan dengan berpindah tiap kecamatan.

Ini merupakan kegiatan lanjutan yang dilaksanakan berdasarkan surat Sekretaris Daerah Kabupaten Simalungun Nomor : 470/4700/11.2/2021 tanggal 12 Maret 2021 Perihal pelaksanaan pelayanan keliling Dukcapil Kab. Simalungun.

Kepala Dinas Dukcapil Kab. Simalungun Jonrismantuah Damanik SH. Msi mengatakan pelayanan ini merupakan program lanjutan yang kembali di tuangkan dalam surat keputusan Sekdakab Simalungun untuk melakukan perekaman data seluruh warga dan menjangkau seluruh pelosok di kab Simalungun.

“Kita sudah lama laksanakan pelayanan seperti ini, selalu jemput bola di lapangan sampai ke pelosok agar masyarakat nyaman dan tak perlu berbondong bondong ke kantor dinas dukcapil Simalungun terlebih masa covid ini, kita juga selalu tegaskan penerapan prokes bagi peserta perekam data,” Ungkap Jonris.

Dia juga menyampaikan, setelah selesai perekaman data hari ini, maka dua hari kedepan fisik ektp sudah bisa di ambil di Kantor Dukcapil Raya atau secepatnya 2 minggu bila menunggu distribusi di tingkat kecamatan.

“e-KTP bisa langsung diambil dua hari kedepan tapi harus di kantor dukcapil P. Raya, stok blanko selalu tersedia, namun untuk distribusi tingkat kecamatan secepatnya dua minggu, dan bisa juga dikirim ke alamat langsung setelah melakukan registrasi sihobas online,” jelas Jonris

Kepala Dinas Dukcapil juga menjelaskan terkait warga yang belum menerima ektp setelah perekaman ektp beberapa bulan yang lalu dikarenakan data mereka tidak valid.

“Kalau ada warga yang belum menerima fisik ektp setelah perekaman data maka bisa dipastikan bahwa data mereka tidak valid atau trouble maka diharapkan warga yg sudah merekam ektp dan belum keluar setelah 1 bulan agar melaporkan kepada Lurah, camat atau datang langsung ke kantor Dinas Dukcapil P. Raya untuk memvalidasi ulang data mereka,” ungkapnya.

Disampaikan juga jadwal pelayanan dukcapil keliling Kab. Simalungun dalam bulan ini, di mulai hari ini Senin, 05/04/2021 di Kantor Camat Girsang Sipanganbolon, Selasa 06/04/2021 di kantor Camat Bandar Huluan, Rabu 07/04/2021 di kantor Lurah Kerasaan I Kec. Pematang Bandar, Kamis 08/04/2021 di kantor Camat Huta Bayu Raja, Jumat 09/04/2021 di kantor Nagori Raya Huluan Kec. Dolok Masagal, Senin 11/04/2021 di Kantor Camat Bandar Masilam, Selasa 12/04/2021 di kantor Camat Pematang Sidamanik. (Feri)

Tinggalkan Balasan