Di Guyur Hujan Lebat Tebing Setinggi 10 Meter Longsor Menutup Akses Jalan

etabloidfbi.com MAGELANG, –

 

Babinsa Koramil 04/Windusari Serma Achmad Mustofa beserta warga Dusun Petung Desa Ngemplak dan relawan FPRB Sumbing membersihkan material longsoran tanah tebing setinggi -+ 10 meter dan panjang -+ 8 meter yang menutup akses jalan Desa Ngemplak dan Desa Girimulyo Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang , Senin ( 14/02/22 )

Menurut Danramil 04 / Windusari Kapten Inf Winarya intensitas curah hujan yang tinggi, mengakibatkan tebing kurang lebih 10 meter dan panjang kurang lebih 8 meter yang berada sisi jalan mengalami longsor dan berakibat menutupi badan jalan yang menghubungkan antar di Desa Ngemplak dan Desa Girimulyo.

“Akibat longsoran yang menutupi jalan, akses warga jadi terhambat, saya memerintahkan anggota Koramil 04/ Windusari Babinsa Desa Ngemplak untuk membantu mengatasi kendala yang dihadapi warga, agar aktivitas warga dapat kembali berjalan seperti sedia kala, “ ujar Danramil.

Lebih lanjut dikatakan, dengan kondisi cuaca saat ini yang masih sering mengalami hujan deras dengan intensitas sedang sampai lebat sangat berpotensi terjadinya longsor dikarenakan banyak wilayah perbukitan di Kecamatan Windusari.

“Kondisi geografis di daerah tesebut kebanyakan wilayah perbukitan, hampir rata-rata desa-desa nya berada di bawah bukit, jadi potensi kerawanan longsor sangat memungkinkan terjadi. Untuk itu saya selalu menyampaikan kepada Babinsa untuk terus memantau kondisi pada saat cuaca hujan, “ tuturnya.

Sementara itu Babinsa Koramil 04/Windusari Serma Achmad Mustofa selaku Babinsa Desa Ngemplak saat bersama sama dengan warga mengatakan, cuaca dalam beberapa hari terakhir memang kurang bersahabat. Maka kepada warga yang berada di sekitaran rawan bencana harus selalu waspada dan berhati hati saat hujan deras turun. Apabila ada kejadian segera hubungi petugas keamanan supaya cepat ter atasi.

Menurutnya, kegiatan kerja bakti tersebut merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. Tentu saja dengan kehadiran anggota TNI membuat warga Desa Ngemplak semakin semangat dalam bekerja bakti.

“Kami akan terus berupaya bersinergi dengan pihak-pihak terkait dalam membantu menangani bencana alam yang terjadi di wilayah,” bebernya.

Masih di lokasi yang sama Asnawi Kepala Desa Ngemplak menyampaikan terima kasih kepada Babinsa Windusari yang telah membantu dalam pembenahan serta pengangkatan material tanah yang menutupi jalan.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, atas terjadinya tanah longsor ini , saya Vusebagai kepala desa mengucapkan banyak terima kasih atas bantuanya kepada Babinsa , “ tukas Asnawi.(Di Guyur Hujan Lebat Tebing Setinggi 10 Meter Longsor Menutup Akses Jalan

(B.irawan)

Tinggalkan Balasan