DANLANTAMAL XII LAKSAMANA PERTAMA TNI SUHARTO MENINJAU PEMBANGUNAN BANDARA SINGKAWANG KALIMANTAN BARAT.

etabloidfbi.com, Pontianak. –

Komandan Pangkalan Utama TNI AL XII (Danlantamal) XII, Laksamana Pertama TNI Suharto, didampingi Pejabat Utama Lantamal XII, Rabu (16/02/2022), pukul 12.10 WIB s.d 13.20 WIB, meninjau lokasi Proyek Pembangunan Bandar Udara Singkawang yang beralamat di Kel. Pangmilang Kec. Singkawang Selatan Kota Singkawang.

Saat tiba dilokasi Komandan Lantamal XII beserta rombongan disambut oleh Anggota DPR RI Komisi V Bpk. Syarif Abdullah Alkadrie, Kadis Perhubungan Singkawang Bpk. Yudha, Kasi Pengembangan Sistem Transfortasi Dishub Kota Singkawang Bpk. Wiko, Lurah Pangmilang Bpk. Franhalidisus dan Tokoh masyarakat Yohanes Mahidin.

Dalam pertemuan tersebut Komandan Lantamal XII, menyampaikan ingin melihat secara langsung lokasi yang akan dibangun Bandar Udara di Kota Singkawang, dan ternyata lokasi Bandara ini sangat strategis karena berada di dekat wilayah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia sehingga diharapkan kedepannya TNI AL bisa ada di Kota Singkawang dengan fungsi yaitu sebagai pertahanan di bandara udara Singkawang sehingga perlu didirikannya Pangkalan Udara TNI AL.

Sehubungan dengan hal tersebut Kepala Dinas Perhubungan Kota Singkawang, menjelaskan tentang situasi lahan yang sudah dibebaskan dimana sebelumnya lahan tersebut dimiliki oleh orang diluar singkawang yg diperuntungkan untuk perkebunan kelapa sawit. Kemudian untuk pembagunan Bandara tahap pertama sudah selesai tahun 2021. Untuk tahap kedua akan dilaksanakan pada pertengahan tahun 2022 dengan luas lahan yang akan dibangun bandara mencapai 150 Ha. Jika Bandara Singkawang selesai bisa mendaratkan pesawat jenis boing sehingga diharapkan bisa menaikkan destinasi dibidang pariwisata dengan mendatangkan wisatawan dari luar Kalimantan Barat.

Sedangkan Anggota DPR RI Komisi V Bpk. Syarif Abdullah Alkadrie, yang juga hadir berharap kedepannya jika bandara Singkawang selesai tidak menimbulkan masalah dimana bandara Supadio yang sudah ada di pontianak akan sepi. Kota Pontianak juga ditahun 2022 akan melaksanakan pembagunan Tol 2 (Jembatan Penghubung Kota Pontianak dengan Jungkat – Red), dan saat ini sudah masuk tahap Tender proyek. Perihal lahan yang direncanakan untuk dibangun Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal), tersebut kedepannya akan dibicarakan pada saat pembangunan tahap II Bandara sudah berjalan.

Kunjungan kerja ini dalam rangka koordinasi dan silaturahmi TNI AL Lantamal XII bersama Pemerintah Kab. Singkawang Kalbar dalam rangka rencana pembangunan Lanudal di Kab. Singkawang, dan sesuai instruksi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono untuk terus membangun sinergitas dan solidaritas bersama pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan serta perekonomian masyarakat Kalimantan Barat.

Pejabat Utama Lantamal XII yang mendampingi Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H.,M.Si. (Han)., melaksankan kunjungan kerja ini antara lain Asrena Danlantamal XII Kolonel Laut (S) Agung Widodo, M.Tr.Hanla., Asintel Danlantamal XII Kolonel Mar Yustinus Rudiman, M.Tr.Hanla., M.Tr.(Han), Asops Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Erwin Baharudin, M.Tr.Hanla., Aspotmar Danlantamal XII Kolonel Mar Agustiawarman, S.H., Kadisfaslan Lantamal XII Letkol Laut (KH) Sri Agustiono, S.T., Danyonmarhanlan XII Mayor Mar Anton Koerniawan, M.Tr.Opsla.(Sy Mohsin-M. Zuhdi)

Tinggalkan Balasan