Curah Hujan Yang Tinggi Kapuas Hulu di kepung banjir masyarakat di minta waspada

etabloidfbi.com Kapuas Hulu.–

Saat ini wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat di kepung banjir, sejumlah pemukiman penduduk terendam banjir, bahkan di prediksi banjir semakin meluas dan debit air semakin tinggi.

Menurut keterangan warga yang kami terima siang ini banjir cukup besar bahkan ratusan rumah tenggelam kemungkinan hampir sama dengan Banjir pada tahun 2010.

Masyarakat amat sangat terasa dengan musibah banjir ini apalagi dampak tersebut menyebabkan Kelangkaan Gas yanh otomatis;amat sangat dibutyhkan oleh masyarakat
“lagi musim banjir seperti ini gaspun langka bagaimana kita mau masak tolong pemerintah untuk tengok kami, ” Ujar salah satu warga yang berharap agar adanya perhatian pemerintah disaat air menggulung rumah mereka.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kapuas Hulu menyatakan berdasarkan data per hari Minggu (13/9/2020) terdapat seratus rumah warga di lima kecamatan yaitu Putussibau Utara, Putussibau Selatan, Bika, Kalis dan Embaloh Hilir di kabupaten setempat yang terendam banjir akibat tingginya curah hujan selama beberapa hari terakhir.

Dan kami meminta kepada masyarakat untuk tidak ambil resiko karena curah hujan yang cukup tinggi otomatis menyebabkan debit air Semakin besar.

” Kami dari Tim reaksi cepat pramuka siap membantu evakuasi silahkan hubungi 081256819622, masyarakat jangan panik sekali lagi utamakan keselamatan diri dan keluarga,” kata aliyanto sebagaimana dikutif dari Antara.

Sementara itu informasi yang kami dapat menurut keterangan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kapuas Hulu, Gunawan menghimbau kepada masyqrakat khususnya kapuas Hulu dan sekitarnya waspada akan vanjir sekarang ini karena debit air terus naik dan berpotensi Banjir semakin besar dan meluas.

” Curah hujan cukup tinggi yang juga terjadi di perhuluan sungai Kapuas, jadi masyarakat waspada banjir besar dan kami minta pihak kecamatan dan desa segera melaporkan setiap perkembangan banjir,” kata Gunawan.

Saat ini kedalaman air rata – rata mencapai satu hingga tiga meter, ratusan rumah penduduk di Kapuas Hulu sudah terendam banjir.

Sampai hari ini diperkirakan debit air berkisar antara 1 sampai 3 meter dan Sudah ratusan rumah terendam banjir.

Reporter : Suherman 

Editor : Yahya Heriansyah 

Tinggalkan Balasan