BRIMOBDA Aceh Gelar Latihan SAR Bersama TNI-POLRI, Basarnas Dan BPBA.

etabloidfbi.com, Banda Aceh-

Dansat Brimob Polda Aceh Kombes Pol. Selamat Topan, SIK, M.Si, melalui Kabid Humas Kombes Pol. Winardy, SH, SIK, M.Si dalam siaran persnya mengatakan, Satuan Brimob Polda Aceh menggelar latihan SAR bersama TNI-Polri, Basarnas Aceh dan BPBA Aceh di Mako Kompi 1 Yon A Por Ujung Batee Aceh Besar, Selasa (23/2/21).

Dikatakan Kabid Humas, latihan bersama tersebut dipimpin Komandan Detasemen Gegana Satbrimob Polda Aceh Kompol Akmal, SE., MM., dan dalam sambutannya ia menyebutkan latihan SAR bersama ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas antara TNI Batalyon 112 Raider Kodam Iskandar Muda, Polri dari Satbrimob Polda Aceh, Basarnas Provinsi Aceh dan BPBA Provinsi Aceh.

Lebih lanjut Kompol Akmal menjelaskan latihan bersama ini merupakan bentuk kesiapan masing-masing Satuan dalam mengantisipasi apabila terjadi bencana alam khususnya gempa bumi. Latihan bersama hari ini mengangkat tema “ LATIHAN SAR BERSAMA DEMI TERCIPTANYA SINERGITAS TNI-POLRI, BASARNAS DAN BPBA PROV. ACEH”, ujar Kabid Humas.

Dikatakan Kabid Humas lagi, Kabagops Satbrimob Polda Aceh Kompol Tasmin, SH., MH. selaku Direktur latihan menambahkan bahwa latihan bersama ini disamping meningkatkan kemampuan personel juga sebagai momen untuk menyamakan persepsi dan cara bertindak saat dilapangan

Latihan bersama ini merupakan kolaborasi kemampuan masing-masing Satuan dan diharapkan mampu mewujudkan kesiapan masing-masing satuan agar selalu dalam kondisi siap apabila dibutuhkan, ujar Tasmin yang dikutip Kabid Humas.

Materi latihan yang kita praktekan saat ini adalah SAR Darat dengan skenario melakukan penyelamatan / evakuasi korban dari ketinggian. Tehnik-tehnik evakuasi korban dari ketinggian yang diaplikasikan saat latihan didukung dengan peralatan dan perlengkapan yang disesuaikan dengan kondisi korban dan lapangan, tambah Akmal yang juga dikutip Kabid.

Selanjutnya Kabag Ops mengatakan, kegiatan ini sangat perlu untuk dilaksanakan mengingat wilayah Aceh sangat rentan terhadap bencana gempa bumi. Melalui latihan gabungan ini diharapkan menjadi sarana bertukar informasi terkait perkembangan teknologi dan peralatan SAR, pungkas Kabid Humas.(MA)

Tinggalkan Balasan