BNNP Aceh Jajaki Pemberdayaan Alternatif Untuk Kawasan Rawan Narkoba Meurandeh Aceh.

etabloidfbi.com Langsa- Aceh.

Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh melaksanakan pemetaan kawasan Rawan penyalahgunaan dan peredaran Gelap Narkoba di Gampong Meurandeh Aceh Kecamatan Langsa Lama Kota Langsa. Sebelum berkunjung ke Gampong Meurandeh Aceh, TIM BNNP Aceh yang di pimpin Subkoordinator Pemberdayaan Masyarakat, Suharmansyah, S.Sos., bersama kepala BNNK Langsa, AKBP H. Basri, SH., MH., didampingi Subkoordinator Sie P2M, Cut Maria, S.Sos dan Penyuluhnya, Henny Puspa, SKM., melaksanakan Koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Pemko Langsa. Usai koordinasi dengan DPMG, Tim yang didampingi Subkoordinator sie P2M dan penyuluh BNN Kota Langsa bergerak ke kantor Geuchiek Gampong Meurandeh Aceh.
Kegiatan tersebut di laksanakan Senin, (15/02/2021).

Ketua Tim BNNP Aceh, Suharmansyah, S.Sos., menyampaikan bahwa tingkat Koordinasi Advokasi BNN Kota Langsa dengan OPD terkait di Pemko Langsa sangat baik, sehingga membawa efek positif di Pemerintah Gampong yang menjadi tanggung jawab DPMG Pemko Langsa, terutama terkait Pemberdayaan masyarakat di bidang pelaksanaan P4GN.
Kegiatan ini diharapkan dapat berjalan lancar dengan program Development Alternative yang berwujud ke arah pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan ekonomi, Baik bidang pertanian, perikanan, perkebunan maupun Life skill. Kalau program ini sukses kita berharap terjadinya perubahan individual dan keluarga ke arah ketahanan keluarga terhadap penyalahgunaan narkoba, dengan meningkatnya ketahanan keluarga maka terciptalah kawasan gampong tersebut menjadi Desa Bersinar ( Bersih Narkoba ).
Arman menambahkan bahwa “Dalam kesempatan ini Tim BNNP Aceh yang di dampingi Tim BNNK Langsa juga meminta masukan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Pemko Langsa dan Polres Langsa”.

Kepala BNNK Langsa, AKBP H. Basri, SH., MH., menyampaikan dukungan penuh dan akan terus berupaya semua gampong di kota langsa menjadi bersinar, Semua OPD sudah melaksanakan rapat kerja dan Work Shop Pemberdayaan masyarakat anti narkoba lingkungan instansi pemerintah di tahun 2021, masing – masing OPD sesuai tupuksi akan melaksanakan P4GN baik di lingkungan kerja maupun lingkungan masyarakat lainnya termasuk ke tingkat pemerintah gampong, yang didalamnya adanya program pemberdayaan masyarakat.
“Tahun 2021 BNNK Langsa mengusulkan 6 Gampong yang menjadi kawasan rawan penyalahgunaan dan peredaran narkoba untuk diintervensi program pembinaan kawasan rawan menjadi Gampong bersinar”, tutup Basri.

Geuchik Meurandeh Aceh, Tgk. Asnawi menyampaikan, sudah banyak program terlaksana dengan baik hasil kerja sama dengan BNN Kota Langsa, mulai dari Diseminasi Informasi P4GN melalui tatap muka dengan masyarakat, Rapat kerja dengan Aparatur Gampong, bidang Pemberantasan melalui pemetaan jaringan dan penindakan, Program Rehabilitasi, Pasca Rehabilitasi, Pemberdayaan masyarakat melalui Life Skils dan Bahkan memfasilitasi komunikasi Lintas Instansi dan lintas lembaga, apa yang BNN kota langsa lakukan di gampong kami sudah cukup baik, kami sangat berterimakasih kepada BNN Kota Langsa.

“Kita rencanakan jika dana awal dana desa dicairkan, maka akan kita peruntukan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pencegahan narkoba,” tutup tgk. Asnawi.
( Islamsyah MTA ).

Tinggalkan Balasan