Berdayakan Petani di Danau Toba, Pangdam I BB serahkan Bibit aren

Etabloidfbi.com – Parapat.-

Sebanyak 2000 batang bibit pohon aren diserahkan Pangdam I BB Mayjen TNI Hasanuddin kepada perwakilan kelompok petani yang ada di Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Toba. Penyerahan secara simbolis dilaksanakan di halaman KSPPM Parapat Kec. Girsang Sipanganbolon Simalungun, Minggu (10/10/2021).

Pangdam I BB Mayjen TNI Hasanuddin menyampaikan dalam sambutannya bahwa pemberian bibit aren ini bertujuan untuk memberdayakan para petani sekaligus menjaga kelestarian lingkungan.

“Selain meningkatkan penghasilan masyarakat, pohon aren juga berguna untuk reforestasi alam dan menjaga kelembaban dan kekuatan tanah karena akarnya yang kuat dan menyimpan air.” Ungkap Mayjen Hasanuddin.

Menurutnya, budidaya Pohon Aren bisa meningkatkan ekonomi dan penghasilan masyarakat dengan cara memberdayakan warga dalam pengolahan produksi turunannya.

Selain bisa menghasilkan tuak sebagai minuman tradisional, aren juga bisa menghasilkan gula merah dan produk kolang-kaling atau produksi turunan lainnya.

Pangdam mengaku bahwa bibit yang diserahkan ini merupakan Bibit Aren pilihan yang sudah melalui sistem pembibitan yang unggul.

Dalam acara penyerahan bibit itu, hadir Bupati Simalungun Radiapo H Sinaga bersama Sekda Toba Murphy Sitorus, sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada pangdam dan jajarannya telah memberi perhatian di wilayah Danau Toba terlebih pemberdayaan petani dalam menjaga kelestarian alam.

Menurut Bupati Simalungun, Pohon Aren merupakan pohon khas bagi warga Batak, Karena dengan membudidaya Pohon aren anak anak petani aren bisa sukses menjadi sarjana, katanya.

Sehingga pada kesempatan ini Bupati Simalungun mengajak masyarakat untuk merawat pohon aren yang diberikan Pangdam.

“Mari kita rawat bibit pohon aren yang sudah di serahkan Pangdam kepada kita, warga Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Toba,” ujar Bupati RHS.

RHS juga mengakui bahwa pohon aren sangat berguna dan multi fungsi, baik dari segi ekonomi masyarakat dan juga menjaga kelestarian alam. (Feri)

Tinggalkan Balasan