Apel Konsolidasi Operasi Ketupat 2019 dan Kesiapan Pengamanan Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Polres Sukabumi

Pelabuhan Ratu, TFBI.

Pada Hari Kamis, 13 Juni 2019 pkl 08.32 Wib bertempat di Lapangan apel Mako Polres Sukabumi Jl. Sudirman No. 12 Palabuhanratu berlangsung giat Apel Konsolidasi Operasi Ketupat 2019 dan Kesiapan Pengamanan Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Polres Sukabumi, bertindak sebagai Pemimpin Apel Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi, SH, SIK, MH dan Danyonif 310/KK Letkol Inf Ageng Wahyu Romadhon, Kasat Shabara Res Smi AKP Deden, Perwira Upacara Kabag Ops Res Smi Kompol Sumartha

Hadir pula dalam kegiatan Apel ini antara lain :

  • Wakil Bupati Sukabumi, Drs. Adjo Sardjono, MM
  • Anggota DPRD F Demokrat, Badri Suhendi, Sip
  • Kasdim 0622/ Kab. Smi, Mayor Inf Robinson Monte
  • Danyon Armed 13/ Kostrad, Mayor Arm Mika Aruan
  • Danposal Palabuhanratu, Kapten Laut (P) Maman Badruzaman
  • Danpuslatpurmar Antralina di wakili, Lettu Mar Ridwan
  • Para Kabag, Kasat dan Kapolsek Jajaran.
  • Serta tamu undangan lainnya.

Serta beberapa Susunan Pasukan apel yang mengikuti apel adalah

  • 1 Sst Kodim 0622/ Kab. Smi
  • 1 Sst Yonif 310/KK
  • 1 Sst Yon Armed 13/ Kostrad
  • 1 Sst Puslatpur Mar Antralina
  • 1 Ssr Posal Palabuhanratu
  • 1 Ssk Gabungan Polres Smi
  • 1 Sst Satpol PP Kab. Smi
  • 1 Sst Dishub Kab. Smi
  • 1 Sst Damkar Kab. Smi
  • 1 Ssr BPBD Kab. Smi
  • 1 Sst Pramuka
  • 1 Ssr KBPP Polri

Dalam Apel ini yang memberikan sambutan adalah Danyonif 310/KK beliau membacakan amanat Pangdam III/SLW, antara lain

” Yang sy hormati seluruh tamu undangan yang telah hadir dalam acara ini. Syukur Alhamdulillah kehadirat allah swt, Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan Rahmat Dan Karunia-Nya, sehingga kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk mengikuti Apel Konsolidasi Operasi Lodaya 2019 Dan Kesiapan Pengamanan Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum 2019 dalam keadaan sehat walafia’t.

Selaku Pangdam III/SLW beserta staf, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Mohon Maaf Lahir Dan Batin serta terimakasih dan penghargaan hadirin undangan dan peserta apel sekalian, atas pelaksanaan Ops Ketupat Lodaya 2019 yang telah dilaksanakan dengan aman, lancar dan tertib. Semoga kerjasama dan sinergitas setinggi tingginya kepada senantiasa ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan pada masa yang akan datang.

Menyikapi perkembangan situasi kamtibmas, pengumuman hasil perhitungan suara pemilu 2019 tingkat nasional, yang telah menimbulkan pro dan sosial sehingga diperlukan kesiapan pengamanan sidang perselisihan hasil pemilu 2019 yang akan mulai digelar pada tanggal 14 juni 2019 di Mahkamah Konsitusi, khususnya Jawa Barat sebagai daerah penyangga Ibu Kota guna bekerjasama dalam memberikan himbauan agar tidak berangkat ke Jakarta, sehingga proses sidang dapat berjalan dengan aman, damai dan tertib.

Pada kesempatan ini juga, dilaksanakan pemberian penghargaan bagi personel TNI, Polri dan masyarakat yang telah berprestasi dalam melaksanakan tugas khususnya pada pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2019 dan mendukung kamtibmas,
Demikian amanat saya, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan, dan
keselamatan kepada kita dalam melanjutkan pengabdian kepada negara dan bangsa “, pembacaan amanat yang di sampaikan oleh Danyonif 310 / KK di lakukan di depan para peserta Apel .

Kapolres Sukabumi pun memberikan sambutan nya kepada peserta apel pagi ini, dan memberikan himbauan kepada semua peserta Apel yang hadir untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat di wilayah kabupaten sukabumi, beliau pun memberikan keterangan mengenai situasi dan kejadian yang melanda di daerah nya, pelabuhan ratu.

” Dalam musim liburan Idul Fitri tahun ini hampir tidak ada yang namanya kecelakaan laut/ tenggelam semuanya bisa diselamatkan. Saya ucapkan terima kasih kepada pertama Basarnas cabang Kab. Sukabumi, TNI AL, Kodim 0622/Kab. Smi, Balawista serta unsur Instasi yg lain.

Kita juga akan mengamankan sidang putusan MK atas perselisihan pemilu telah terjadi tragedi pada tanggal 21 dan 22 Mei beberapa hari yang lalu adanya kerusuhan massal yang terjadi di Jakarta tempat dan masyarakat Sukabumi sampai saat tidak ada masalah ini semua berkat kerja sama kita pada saat melakukan pendekatan yang lebih baik oleh Kodim Kota Sukabumi .

Keputusan MK akan menentukan apakah seluruh perselisihan tersebut diterima atau ditolak oleh karena itu kami mengharapkan dukungan untuk pengamanan yang lebih lanjut, karena itu tidak bisa bekerja sendiri.

Pengamanan ada dua yaitu dari TNI maupun dari kami sendiri tujuannya adalah bahwasanya TNI- Polri bersama-sama dengan pilar yang lainnya yaitu pemerintah dan masyarakat, di harapkan Kab. Sukabumi ini jadi aman tertib dan terkendali dan mudah-mudahan amal ibadah bagi kita semua,amin” Pidato Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi,SH,SIK,MH menyampaikan di acara Apel ,hari ini.

Pada pkl 08.46 Wib, giat Apel konsolidasi selesai dilaksanakan, kemudian dilanjutkan dengan Latihan menembak para pimpinan TNI-POLRI.

Semoga TNI – POLRI dapat memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Sukabumi khususnya dan di Negeri ini pada umumnya.

( Hendra Sofyan )

Tinggalkan Balasan