Antisipasi Karhutla, Polres Langsa Gelar Rakor Bersama Instansi Terkait

etabloidfbi.com, Kota Langsa Aceh-

Polres Langsa menggelar rapat koordinasi (Rakor) penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Jumat (26/2/2021). Kegiatan dilaksanakan di Aula Mapolres Langsa menghadirkan seluruh dinas dan instansi terkait.

Kegiatan ini Dipimpin Langsung oleh Kapolres Langsa AKBP Agung Kanigoro Nusantoro, SH, SIK, MH dan didampingi Kabag Ops Kompol Dheny Firmandika, S.Ab, SIK, Pasi Ops Kodim 0104/Atim Kapten Suharyanto, dan Kabag Hukum Pemko Langsa Dewi Susanti, SH.

Kapolres Langsa AKBP Agung Kanigoro Nusantoro, SH, SIK, MH menyampaikan bahwa permasalahan karhutla merupakan salah satu atensi dari Presiden Republik Indonesia. Oleh sebab itu kita juga tindak lanjuti hingga di tingkat daerah.

β€œDengan rakor ini akan dibahas bagaimana langkah-langkah pencegahan maupun penanganan karhutla. Selain itu, bagaimana masing-masing instansi mengetahui cara bertindak apabila terjadi karhutla,” jelasnya.

Kapolres menambahkan kebakaran hutan bisa terjadi dari faktor alam maupun faktor manusia. Oleh sebab itu kita perlukan langkah antisipasi melalui sinergitas antar instansi mulai dari sosialisasi pencegahan maupun penanganan apabila hal itu terjadi.

Lanjutnya, dalam penanganan Karhutla agar semua pihak dapat saling mendukung sehingga tidak ada yang saling dirugikan atau menjadi korban penegakkan hukum penyalahgunaan kebakaran hutan atau lahan.

Kedepan, dalam penanganan karhutla akan di lakukan tindakan Represif sesuai aturan tentang kebakaran hutan atau lahan.

β€œOleh karena itu, momentum rapat koordinasi ini merupakan langkah yang baik dan strategis. Karena selain menjalankan instruksi juga untuk menjaga ekosistem dan kelangsungan hidup,” ucapnya.

Kepada masyarakat melalui peragkat kecamatan sampai tingkat desa atau dusun serta pemilik lahan baik perusahaan maupun perorangan agar mempedomani arahan bapak Presiden tentang Penanganan Karhutla.

Pihak kepolisian Polres Langsa beserta jajaran menggunakan Aplikasi Lancang Kuning dalam monitor Hot Spot Titik Api sehingga akan memudahkan penanganan dan koordinasi dengan semua pihak dalam menindaklanjuti kebakaran hutan atau lahan.

Kapolres Langsa juga menyampaikan, Kapolsek jajaran Polres Langsa agar lebih aktif membuka Aplikasi Lancang Kuning dan melaporkan kepada pimpinan secara berjenjang serta sudah paham konsekwensi atau resiko bila terjadi kebakaran hutan atau lahan. Sesuai penyampaian arahan Bapak Kapolda Aceh saat vidcon kemarin,tutupnya.(MA).

Tinggalkan Balasan